Breaking News
recent

Cagar Alam Pegunungan Weyland; Papua

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Papua
Propinsi
:
Papua
Kabupaten
:
Nabire
Luas (Hektar)
:
223.000,00
No. SK
:
Surat Keputusan Menhutbun RI No 891/Kpts-II/1999
Tanggal SK
:
14 Oktober 1999
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara administrasi pemerintahan, kawasan cagar alam ini terletak di Distrik Bomomani, Mapia, Dogiyai, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua.
Memiliki 4 (empat) tipe habitat pokok yaitu Vegetasi pegunungan tinggi, vegetasi pegunungan yang lebih rendah, kaki perbukitan dan perbukitan rendah serta dataran rendah. · Kurang lebih 20 tipe vegetasi utama tumbuh di kawasan ini, mulai dari hutan dataran rendah, hutan campuran, perbukitan, hutan Castanopsis dan Notofagus, hingga hutan yang tertutup awan (Cloud forest) dan padang rumput di wilayah pegunungan tinggi. Kawasan ini merupakan daerah aliran sungai (water catchment area )
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora; 
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Araucaria sp, Castanopsis sp, Metroxylon sp, Intsia sp, Calophylum sp, Pometia sp, Hopea sp, Bulbophyllum sp, Dendrobium lasianthera, serta beberapa jenis Kaktus.
Berikut rincian flora yang teridentifikasi:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: tercatat sekitar 294 jenis burung terdapat di Kawasan ini, 48 jenis burung pada ketinggian di atas 100 m dpl, 26 jenis burung dewata dan namdur seperti Paradigala Ekor Panjang (Paradigala carunculata intermedia), Epimachus mayari megarhychus dan astrapia splendissima.
Jenis burung paruh bengkok merupakan jenis yang keanekaragamannya sangat besar sebanyak 37 jenis. Jenis-jenis yang cukup menarik diantaranya genus endemik Papua adalah Androphobus viridis yaitu salah satu jenis burung penghisap madu (honeyuater).Mamalia juga sangat beragam, sebanyak 90 jenis termasuk Landak Irian (Zaglossus bruijini), 5 jenis Bandikut, 5 jenis Kus-kus, 4 jenis Oposum, 4 jenis Kus-kus Ekor ekor kait, 2 jenis Walabi dan Kangguru Pohon.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:

Download: 
  • -
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.