Breaking News
recent

Cagar Alam Pegunungan Japen Tengah; Papua

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Papua
Propinsi
:
Papua
Kabupaten
:
Japen
Luas (Hektar)
:
59.000,00
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan No 775/Kpts/Um/7/1982
Tanggal SK
:
12 Juli 1982
KEADAAN FISIK KAWASAN

Secara administrasi pemerintahan, kawasan cagar alam ini terletak di Distrik Japen Timur, Japen Utara, Teluk Ampimoi Angkaisera, Kepulauan Ambai, Japen Selatan, Kosiwo, Japen Barat, Wonawa, Poom, Windesi, Raimbawi; Kabupaten Japen, Provinsi Papua
-
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Cibotium barometz, Araucaria cunninghanii, Racemobambos schultzei, sedangkan jenis tumbuhan endemik yang dijumpai adalah Areca jobiensis, Parabambusa kaini dan pisang hutan dari jenis Ensete of arnoldianum.
Berikut rincian flora yang teridentifikasi:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;

Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Menurut catatan Petocz, 1986, pada kawasan ini diperkirakan hidup sekitar 148 jenis burung dan telah diketahui 134 jenis. Beberapa jenis burung endemik adalah Manucodia jobiensis, Cincinirus regius, Paradisea minor, Paradisea apoda dan Diphyllodes magnifikus. Satu–satunya jenis burung namdur di Pulau Yapen; yaitu Ailuroedus buccoides geislerurum. Pada kawasan ini LIPI tahun 1997 menemukan 20 famili serangga dari ordo Orthoptera, Hemiptera, Coleoptera, Phasmato dead an Lepidoptera.
Tiga puluh dua jenis mamalia juga teridentifikasi dalam kawasan ini,diantaranya 2 jenis walabi dari genus Dorcopsis dan Thyllogalle, 2 jenis kelelawar Pteropus pohei dan Emballonnura beccari (keduanya endemik Pulau Yapen), tikus genus Uromys dan satu jenis kanguru pohon (dendrolagus inustus). Terdapat pula 54 jenis kupu-kupu, 5 diantaranya merupakan jenis yang dilindungi yaitu Ornithoptera priamus Poseidon, Ornithoptera goliath, Ornithoptera paradisea, Ornithoptera thithonus dan Troides oblongomaculatus papuensis.
Pantai Inggresau yang berbatasan langsung dengan CA. Japen Tengah merupakan tempat bertelur bagi beberapa jenis Penyu antara lain Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) dan Penyu Hijau (Chelodina mydas).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -1.7546501,135.5964431
Sumber:
Download:
  • -
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.