Breaking News
recent

Cagar Alam Ndeta Kelikima; Nusa Tenggara Timur

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Nusa Tenggara Timur
Propinsi
:
Nusa Tenggara Timur
Kabupaten
:
Ende
Luas (Hektar)
:
1.000
No. SK
:
Surat Menhutbun: 423/Kpts-II/1999
Tanggal SK
:
15 Juni 1999
KEADAAN FISIK KAWASAN
Kawasan Cagar Alam Ndeta Kelikima ini terletak di bagian Selatan Pulau Flores yang secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Ende.
Sebagian besar kawasan Cagar Alam Ndeta Kilikima memiliki topografi pegunungan dengan jenis tanah kambisol distrik dan batuan jenis andesit, basalt, diorit dan gabro. Sedangkan pada sebelah utara kawasan Cagar Alam Ndeta Kilikima tepatnya di desa Otogedu I adalah daerah rawa dengan jenis tanah kambisol eutrik dan merupakan endapan aluvium dan aluvium vulkani.
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Pada umumnya karena kepulauan Nusa Tenggara Timur dalam zona timur yang dipengaruhi oleh vegetasi Australia yang pada umumnya didominasi oleh famili Araucariaceae.
Jenis-jenis flora yang ada di Cagar Alam Ndeta Kilikima antara lain : Pulai (Alstonia sholaris), Jambu Hutan (Eugenia sp), Beringin ( Ficus benyamina), Kesi (Laportea peltata), Ampupu ( Eucalyptus urophylla), Hue (Eucalyptus alba), Kayu merah (Pterocarpus indicus), Asam (Tamarindus indica), Akasia (Accasia auriculiformis), Bambu (Bamboo sp).
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Jenis-jenis fauna yang terdapat dikawasan ini antara lain Elang (Elanus sp), Babi Hutan (Sus vitatus), Tupai, Musang (Pardoxusurus sp), Kakatua jambul kuning (Cacatua sulphurea), Landak (Hystrix braychura), Kera (Macaca fascicularis), ayam hutan (Gallus varius), Beo Flores (Gracula religiosa), serindit flores (Loriculus flosculus), sesap madu (Pernis ptilorhynchus), Rusa Timor (Cervus timorensis), puyuh (Turnix suscitator), burung nuri (Lorius domicella), Maleo (Megachephalon maleo), dan Seriwang asia (Pterisphone paradise). 
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -8.5572562,121.773311
Sumber: 
Pdf:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.