Breaking News
recent

Cagar Alam Gunung Abang; Jawa Timur

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Jawa Timur
Propinsi
:
Jawa Timur
Kabupaten
:
Pasuruan
Luas (Hektar)
:
50,4
No. SK
:
Surat Keputusan No : 458/Kpts/Um/1978
Tanggal SK
:
24 Juli 1978
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara administratif pemerintahan, kawasan ini terletak di tiga desa yaitu Desa Kedung Pengaron, Kecamatan Kejayan, Desa Sapulante dan Desa Ampelsari, Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan.
Gunung Abang ditunjuk sebagai cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor 12 Stbl 1937 Nomor 579 tanggal 25 Oktober 1937 dengan luas 50,4 ha. Pada tahun 1978 Menteri Pertanian RI menetapkan kembali Cagar Alam Gunung Abang melalui Surat Keputusan No : 458/Kpts/Um/1978 tanggal 24 Juli 1978.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora;
Vegetasi hutan yang ada di dalam kawasan Cagar Alam Gunung Abang merupakan ekosistem hutan hujan tropika dataran rendah yang terdiri dari hutan alam dan hutan tanaman. Vegetasi yang dapat dijumpai antara lain : sempu (Dillenia pentagyna) yang merupakan tanaman langka dan di Pulau Sempu sendiripun tidak dijumpai tanaman tersebut. Jenis tumbuhan yang dominan yaitu beringin (Ficus benyamina), luwing (Ficus hispida), Saga (Adenanthera microsperma), sogo manis (Abrus precatorius), sengon tekik (Albizia lebbeckoides) dan Kesambi (Scleicera oleosa). Vegetasi di tebing Sungai Kudu didominasi oleh bambu ori, bambu wulung, kepuh (Sterculia foetida) dan bendo (Artocarpus elasticus). Sedangkan vegetasi hutan tanaman terdiri dari jenis jati (Tectona grandis).
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Beberapa jenis satwa liar yang dapat dijumpai yaitu kalong (pteropus vampyrus), lutung jawa (Tracypithecus auratus), kera abu-abu (Macaca fascicularis), kutilang (Pynonotus aurigaster), elang (Accipiter trivirgatus), srigunting (Dicrurus macrocercus) dan tekukur (Streptopelia chinensis).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -5.8120198,112.7333053
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.