Breaking News
recent

Cagar Alam Batukaru (I,II&III); Bali

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Bali
Propinsi
:
Bali
Kabupaten
:
Tabanan
Luas (Hektar)
:
1.762,80
No. SK
:
Surat  Menteri Kehutanan No.2847/ Menhut-VII/KUH / 2014
Tanggal SK
:
-
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara administratif terletak di Lintas Kabupaten Buleleng, Badung dan Tabanan. Untuk Kabupaten Buleleng melintas di Kecamatan Banjar, Sukasada, Sawan dan Kubutambahan, untuk Kabupaten Tabanan melintas di Kecamatan Baturiti, Penebel dan Pupuan, untuk Kabupaten Badung melintas di Kecamatan Petang.
Keadaan topografi kawasan ini berbukit dan bergelombang, yang terdiri atas tiga lokasi bukit yang terpisah, yaitu Cagar Alam Batukahu I (Bulit Tapak), Cagar Alam Batukahu II (Bukit Pohang/Pohen), dan Cagar Alam Batukahu III (Bukit Lesong), dengan altitude/ketinggian antara 1.860m-2.089 m dari permukaan laut (dpl).
Iklim pada kawasan ini termasuk dalam iklim Tipe A, menurut klasifikasi iklim Schmidt & Fergusson. Rata-rata curah hujan 2.000 mm - 2.800 mm per tahun, dengan jumlah hari hujan rata-rata 155,6 hari/tahun. Jumlah bulan basah 4-10 bulan, bulan kering rata-rata 0-5 bulan. Suhu udara rata-rata berkisar antara 11,5°C - 24°C.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora;
Beberapa jenis yang dominan adalah Bunut (Ficus indica), Sompang (Laplaceae sp.), Seming (Engelhardia spicata), Cemara Geseng (Casuarina junghuniana), Udu (Litsea velutina), Belantih (Homalanthus giganteus), Lateng (Laportea sp.), dan Kedukduk (Astronia spectabilis). Jenis flora yang tergolong langka adalah Cemara Pandak (Podocarpus imbricatus), dan Kepelan (Manglitia glouca).
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Beberapa diantaranya adalah Kijang (Muntiacus muntjak), Babi Hutan (Sus vitatus), Kucing hutan (Felis bengalensis), Rase (Vivericula malacensis), Trenggiling (Manis javanica), Landak (Hystrix branchura), Budeng/Lutung (Trachypitecus auratus), Kera Abu (Macaca fascicularis), Bajing Tanah (Lariscus insignis), Musang (Paradoxurus hermaproditus), Ayam Hutan (Gallus varius), Burung Kipas (Rhipidura javanica), Burung Hantu (Pypte alba javanica), Srigunting (Dicrurus renifer), Kalong (Pteropus edulis), dan Elang (Haliaestur indus). 
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -8.3720324,115.0325458
Sumber: 
Pdf:
Bhre Polo

Bhre Polo

2 comments:

  1. SK penetapan luas kawasan CA Batukahu sudah berganti ke SK. Menteri Kehutanan No.2847/ Menhut-VII/KUH / 2014 , silahkan dikoreksi

    ReplyDelete

Powered by Blogger.