Breaking News
recent

Taman Wisata Alam Tretes; Jawa Timur

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Jawa Timur
Propinsi
:
Jawa Timur
Kabupaten
:
Pasuruan
Luas (Hektar)
:
10
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 425/Kpts/Um/10/1975
Tanggal SK
:
23 Oktober 1975
KEADAAN FISIK KAWASAN
Menurut administrasi pemerintahan, Taman Wisata Alam Tretes terletak di Desa Pecalukan Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.
Kawasan hutan pegunungan Arjuna ditunjuk sebagai Kawasan Taman Wisata Alam Tretes berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 425/Kpts/Um/10/1975 tanggal 23 Oktober 1975 tentang Penunjukan Sementara Sebagian Kawasan Hutan Pegunungan Arjuna Seluas 10 Ha yang terletak di Tretes Daerah Tingkat I Jawa Timur Sebagai Hutan Wisata.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora;
Jenis-jenis pohon yang ada antara lain jenis Eucaliptus sp, pinus (Pinus merkusii), anggrung (Macaranga sp), cembirit (Ervatamia divaricata), nangka (Arthocarpus heterophylla), dadap (Erythrina variegata), awar-awar (Ficus septica), nyampo (Litsea umbelliflora), keningar (Cinnamomum zeylanicum), bendo (Artocarpus elasticus), sengon (Paraserianthes falcataria). Sedangkan vegetasi penyusun tumbuhan bawah adalah semak dan herba dan hanya sedikit jenis rumput (suku graminae).
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Potensi fauna di dalam kawasan Taman Wisata Alam Tretes, antara lain kera abu-abu (Macaca fascicularis) dan lutung Jawa (Tracypithecus auratus) serta babi hutan (Sus scrofa), namun saat ini sudah jarang dijumpai karena satwa-satwa tersebut selalu berinteraksi dengan perubahan lingkungan yang ada. Satwa yang masih sering dijumpai adalah dari jenis burung yang terdiri dari prenjak coklat (Prinia polynchora), trocokan (Pycnonotus goaivier), kepodang (Oriolus chinensis), kutilang (Pycnonotus aurigaster), sesap madu kuning (Nectarinia jugularis), dan raja udang (Halycon cyanoventris).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -7.7328876,112.5289442
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.