Breaking News
recent

Taman Wisata Alam Telaga Patengan; Jawa Barat

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Jawa Barat
Propinsi
:
Jawa Barat
Kabupaten
:
Bandung
Luas (Hektar)
:
65
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 660/Kpts/Um/8/1981
Tanggal SK
:
11-8-1981
KEADAAN FISIK KAWASAN
Kawasan hutan dan telaga Patengan ditetapkan sebagai cagar alam berdasarkan Gb tanggal 11-7-1919 Nomor : 83 Stbl. 392, seluas 150 Ha. Kemudian dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 660/Kpts/Um/8/1981 tanggal 11-8-1981, sebagian cagar alam seluas 65 Ha. Dinyatakan sebagai Taman Wisata Alam. Kawasan ini terletak dalam wilayah Desa Tancabali, Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung.
Kondisi topografi berbukit landai, bergelombang sedang hingga bergunung, sudut kemiringannya bervariasi antara 15-50% dan ketinggian tempat 1.600-1.700 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini dikelilingi oleh serangkaian gunung-gunung.
Iklimnya termasuk tipe Iklim B menurut klasifikasi iklim dari Schmidt dan Ferguson. Curah hujan rata-rata per tahun adalah 3.566 mm di mana bulan kering terjadi di bulan Agustus dan September, dan selebihnya adalah bulan-bulan basah. Temperatur rata-rata pada siang hari sebesar 23 derajat celsius dan dimalam hari 17 derajat celsius.
POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora 
Kawasan ini termasuk dalam tipe vegetasi hutan hujan pegunungan. Jenis tumbuhan yang ada di antaranya adalah : Hiur (Castanea javanica), Puspa (Schima walichii), Pasang (Quercus sp), Baros (Mangleita glauca), Kitamba (Eugenia cespra), Huru (Litsea angulata), Hanirung (Verronia arborea), Jamuju (Podocarpus imbricatus), Saninten (Castanopsis argantea) dan Beunying (Ficus fistulosa). Dari golongan liana dan epiphyt yang tumbuh di pohon-pohon di dalam dan sekitar kawasan adalah Rotan (Calamus sp), Hata (Licopodium circinatum), Rijala (Alpina sp), Jotang (Synedrela nodiflora), Anggrek kadak (Drynaria), Benalu (Drylazium esculenta) dan lain-lain.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -  
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here 
Fauna 
Satwa liar yang ada dalam kawasan adalah : Surili (Hylobates comata), Macan Kumbang (Panthera pardus), Kancil (Tragulus javanicus), Babi hutan (Sus vitatus), Bajing (Calcoselurus notatus), Bajing terbang (Pteaurista elegan), Ayam hutan (Gallus gallus), burung Kipas (Rhipidura sp.), burung Tulung Tumpuk (Megalaema corvina), dan beberapa jenis ikan yang hidup di telaga.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -7.1668558,107.3230359
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.