Breaking News
recent

Taman Wisata Alam Sibolangit; Sumatera Utara

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Sumatra Utara
Propinsi
:
Sumatra Utara
Kabupaten
:
Deli Serdang
Luas (Hektar)
:
24,85 
No. SK
:
KepMentan No. 636/Kpts/Um/9/1980
Tanggal SK
:
-
KEADAAN FISIK KAWASAN
Taman Wisata Sibolangit merupakan satu kesatuan dengan kawasan Cagar alam Sibolangit Taman wista Sibolangit terletak di desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. 
Taman Wisata Alam Sibolangit ( Cagar Alam Sibolangit ) atau Kawasan Konservasi Sibolangit memiliki area seluas 24,85 ha dengan ketinggian 475 – 525 m di atas permukaan air laut, yang memiliki tofografi yang berbukit – bukit yang memiliki pemandangan alam yang cukup indah dan berhawa sejuk yang terletak dilereng pegunungan Bukit Barisan yang berjarak lebih kurang 10 Km dari Desa Sembahe atau sekitar 35 Km dari kota Medan atau sekitar 40 menit dengan kendaraan.
Pada tahun 1914 Tuan J.A Lorzing mendirikan Kebun Raya Sibolangit, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Kemudian pada tanggal 10 Maret 1938 Kawasan Kebun Raya Sibolangit tersebut ditetapkan statusnya menjadi Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Z.b No.37/PK. Pada tahun 1980 menurut Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 636/Kpts/Um/9/1980 sebagian kawasan Cagar Alam Sibolangit (seluas 24,85 Ha) dialih fungsikan menjadi Kawasan Taman Wisata Sibolangit. Dengan demikian Kawasan Cagar Alam Sibolangit hanya tinggal 85,15 Ha dan sampai sekarang belum ada perubahan.
Taman Wisata Alam Sibolangit mengemban banyak fungsi, yaitu tak hanya sebagai tempat wisata atau rekreasi saja, melainkan juga untuk kepentingan ilmu pengetahuan karena di Taman Wisata Alam Sibolangit terdapat berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan satwa yang unik, bahkan tergolong langka. Oleh karena itu, Taman Wisata Alam Sibolangit juga sering dijadikan sebagai obyek penelitian. 
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau:-
  • Sungai:-
Flora; 
Potensi vegetasi tidak jauh beda dengan yang ada di Kawasan Taman Wisata Sibolangit, yang didominasi oleh pohon-pohon besar seperti Angsana (Pterocarpus indicus), Nyamplung (Calophyllum inophillum),Meranti(Shorea sp), dll.
Juga terdapat jenis tanaman palem dan pinang, durian hutan Flora yang tumbuh di kawasan ini sebagian jenis asli dan sebagian lagi berasal dari luar negeri. Pada umumnya terdiri dari pohon yang besar dengan diameter lebih dari 1 meter, seperti diantaranya jenis sono kembang (Dalbergia latifolia), Angsana (Pterococarpus indicus) dan kelenjar (Samanea saman). Ada juga jenis tanaman palam dan pinang.
Disamping itu terdapat pula tumbuhan yang merambat seperti Philodendron sp. Adanya tumbuhan ini dikarenakan jumlah curah hujan yang cukup tinggi (diperkirakan antara 3000 sampai dengan 4000 mm/tahun).
Sedangkan tanaman bawah atau ground cover yang dipakai sebagai pembatas jalan setapak pada umumnya didominasi jenis Anthurium dari famili Araceae. Di kawasan Tanaman Wisata Sibolangit juga ditemukan salah satu tumbuhan yang tergolong langka (tumbuh setiap 5 tahun sekali) dan mempunyai daya tarik tersendiri yaitu Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum).
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini: 
Endemik: -...?
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna; 
Jenis fauna yang sering dijumpai adalah Kera (Macaca fascicularis) dan Lutung (Presbytis sp) yang senang bermain-main di pohon. Apalagi pada musim buah duku dan durian, frekuensi kunjungannya akan semakin sering. Keberadaan kera dan lutung ini memberikan daya tarik tersendiri karena dapat beratraksi dan mengeluarkan bunyi suara yang amat nyaring.
Selain itu, pada musim yang sama (musim buah) banyak dijumpai jenis-jenis burung seperti : burung Rangkong (Buceros sp), burung Kutilang, Kacer, Srigunting serta jenis hewan lainnya : Babi Hutan, Kancil Trenggiling dan Kuskus.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location: 


koordinat: 3.43543,97.9223957
Sumber: 
heropolo

heropolo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.