Breaking News
recent

Taman Nasional Gunung Merapi; Yogyakarta-Jawa Tengah

Unit Pelaksana Teknis
:
Balai Taman Nasional Gunung Merapi
Propinsi
:
Jawa Tengah; Yogjakarta
Kabupaten
:
Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten
Luas (Hektar)
:
6.410
No. SK
:
SK Menhut 134/Menhut-II/2004
Tanggal SK
:
4 Mei 2004
KEADAAN FISIK KAWASAN
Taman Nasional Gunung Merapi adalah sebuah taman nasional (sering disingkat TN) yang terletak di Jawa bagian tengah. Secara administrasi kepemerintahan, wilayah taman nasional ini masuk ke dalam wilayah dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Penunjukan kawasan TN Gunung Merapi dilakukan dengan SK Menhut 134/Menhut-II/2004 tanggal 4 Mei 2004. Tujuan pengelolaannya adalah perlindungan bagi sumber-sumber air, sungai dan penyangga sistem kehidupan kabupaten/kota-kota Sleman, Yogyakarta, Klaten, Boyolali, dan Magelang. luas totalnya sekitar 6.410 ha, dengan 5.126,01 ha di wilayah Jawa Tengah dan 1.283,99 ha di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sementara ini, sebelum terbentuknya balai pengelola taman nasional, TN G Merapi berada di bawah pengelolaan Balai KSDA (Konservasi Sumber Daya Alam) Yogyakarta.
Topografi; Wilayah TN G Merapi berada pada ketinggian antara 600 - 2.968 m dpl. Topografi kawasan mulai dari landai hingga berbukit dan bergunung-gunung. Di sebelah utara terdapat dataran tinggi yang menyempit di antara dua buah gunung, yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sekitar Kecamatan Selo, Boyolali. Di bagian selatan, lereng Merapi terus turun dan melandai hingga ke pantai selatan di tepi Samudera Hindia, melintasi wilayah kota Yogyakarta. Pada sebelum kaki gunung, terdapat dua bukit yaitu Bukit Turgo dan Bukit Plawangan yang merupakan bagian kawasan wisata Kaliurang.
Iklim; Tipe iklim di wilayah ini adalah tipe C menurut klasifikasi curah hujan Schmidt dan Ferguson, yakni agak basah dengan nilai Q antara 33,3% - 66%. Besar curah hujan bervariasi antara 875 - 2527 mm pertahun. Variasi curah hujan di tiap-tiap kabupaten adalah sbb.:
  • Magelang: 2.252 – 3.627 mm/th
  • Boyolali: 1.856 – 3.136 mm/th
  • Klaten : 902 – 2.490 mm/th
  • Sleman : 1.869,8 – 2.495 mm/th
Hidrologi; Wilayah Gunung Merapi merupakan sumber bagi tiga DAS (daerah aliran sungai), yakni DAS Progo di bagian barat; DAS Opak di bagian selatan dan DAS Bengawan Solo di sebelah timur. Keseluruhan, terdapat sekitar 27 sungai di seputar Gunung Merapi yang mengalir ke tiga DAS tersebut.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung: Merapi
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora;
Taman Nasional memiliki ±72 jenis flora, yang didominasi oleh jenis pohon (Castanopsis argentia, BL) yang terdapat di hutan alam primer. Sedangkan pada hutan sekunder dan hutan tanaman di dominasi jenis pohon Puspa (Schima wallichii). Di samping itu pada kawasan hutan ini juga dijumpai jenis anggrek endemic yaitu Panda Tricolor.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: Panda Tricolor
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna; 
Potensi Fauna yang terdapat di Taman Nasional Gunung Merapi yaitu Elang Jawa dan dan jenis burung lain seperti Bido (Spiolaris bido), Raja Udang (Pelargopis carpensis) dan Sesep Madu (Aepthopyga siporaja), Ayam alas (Gallus gallus), Burung Gagak (Accipiter trivirgatus), Burung Betet (Psittacula alexandri), Burung Prenjak (Prinia familiaris olivaceae), Kelelawar (Pteropus sp), Burung Walet (Collacalia esculenta). Selain jenis burung dijumpai juga Macan Tutul (Panthera pardus), Harimau Jawa (Panthera sp), Bajing Tanah (Lariscus aisegnis), Kijang (Munteocus muntjok), Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Babi Hutan (Sus vittatus), Garangan (Herpenes javanicus orientalis) dan musang (Paradoxurus hermaprodis).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -7.5929056,110.4140001
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.