Breaking News
recent

Taman Nasional Berbak; Jambi

Unit Pelaksana Teknis
:
Balai Taman Nasional Berbak
Propinsi
:
Jambi
Kabupaten
:
Tanjung Jabung
Luas (Hektar)
:
162.700
No. SK
:
Kepmen Menhut No. 285/Kpts-II/92
Tanggal SK
:
26 Februari 1992
KEADAAN FISIK KAWASAN
Taman Nasional Berbak merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Keunikannya berupa gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatra.
Geologi dan Tanah: Formasi geologi Taman Nasional Berbak termasuk formasi deposit alluvial. Jenis tanah organosol (gambut) yang tergenang sepanjang tahun, bersifat masam sehingga merupakan kendala besar bagi penggunaan lahan untuk kegiatan pertanian.
Topografi: Topografi datar sampai agak landai.
Ketinggian: ketinggian antara 0 -12,5 m di atas permukaan laut.
Iklim: Curah hujan rata-rata 2.300 mm per tahun atau rata-rata lebih dari 200 mm per bulan dalam 5-6 bulan dan kurang dari 2 bulan rata-rata curah hujannya 100 mm per bulan.
Temperatur udara 25º – 28º C.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Taman Nasional Berbak memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi. Tumbuhannya telah tercatat sebanyak 261 jenis (73 famili), diantaranya 23 jenis palem dan 10 jenis pandan. Faunanya, telah tercatat 28 jenis mamalia, 224 jenis burung, 44 jenis reptilia dan 35 jenis ikan.
Flora; 
Jenis tumbuhan yang ada di taman nasional tersebut antara lain Meranti (Shorea sp), dan berbagai macam jenis palem. Taman Nasional Berbak terkenal memiliki paling banyak jenis palem tanaman hias di Indonesia. Jenis palem tanaman hias yang tergolong langka antara lain jenis Daun Payung (Johanesteijmannia altifrons) serta jenis yang baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii (Lorantaceae) yang berbunga besar dengan warna merah/ungu.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -...? Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here 

Fauna; 
Taman Nasional bernak juga merupakan habitat Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Tapir (Tapirus indicus), Kancil (Tragulus javanicus), 300 jenis burung seperti Kuntul Cina (Egretta eulophotus), Bangau Tong-tong (Leptoptilos javanicus), semua jenis Udang (Alcedinidae spp), Bebek hutan bersayap putih (Cairina scutulata), Kura-kura Gading (Orlitia borneensis), dan Tuntong (Batagur baska). Ratusan bahkan ribuan burung migran dapat dilihat di taman nasional ini, yang dapat menimbulkan kekaguman apabila burung-burung tersebut terbang secara berkelompok.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here

Location:


koordinat: -1.2868597,104.0995185
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.