Taman Hutan Raya Ir. Djuanda; Jawa Barat

Unit Pelaksana Teknis
:
UPTD Kehutanan Jawa Barat
Propinsi
:
Jawa Barat
Kota/Kabupaten
:
Bandung
Luas (Hektar)
:
590
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/1980
Tanggal SK
:
6-8-1980
KEADAAN FISIK KAWASAN
Sebelum di tetapkan sebagai Taman Hutan Raya , Kawasan ini bernama Taman Wisata Curug Dago yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 575/Kpts/Um/1980, tanggal 6-8-1980, seluas 590 Ha. Kemudian karena sebagian tokoh masyarakat menghendaki adanya sarana pendidikan, penelitian, latihan dan penyuluhan di alam terbuka, penyediaan plasma nutfah sumber keturunan , sarana wisata alam, perendam banjir erosi bagi kita Bandung serta mengembalikan kebesaran nama seorang pahlawan, Taman Wisata Curug Dago berubah nama menjadi Taman Hutan Raya (THR) Ir. H. Djuanda berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 1985.
Kawasan ini terletak di Desa Ciburial Kecamatan Cicadas, sebagian masuk wilayah Desa Mekarwangi, Desa Langensari dan Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung.
Pada umumnya kondisi lapangan miring, agak curam sampai terjal dengan ketinggian 770-1.330 m di atas permukaan laut.
Pada umumnya klasifikasi Schmidt dan Ferguson iklim kawasan ini termasuk tipe iklim B dengan curah hujan rata-rata per tahun 2.500- 4.500 mm dan temperatur rata-rata 15 derajat Celcius-18 derajat celcius dengan kelembaban udara 70%.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora
Komplek hutan ini merupakan hutan alam sekunder dan hutan tanaman dengan susunan vegetasi campuran yang terdiri dari pohon-pohonan ( 2.500 jenis) dan tumbuhan bawah. Tumbuhan bawah.Tumbuhan bawah yang dominan adalah : Teklan (Eupatorium odoratum), dan jenis pohon-pohonannya adalah Mahoni (Switenia macrophylla), Bungur (Lagerstroemia sp.), Ekaliptus (Eucalyptus deglupta), Saninten (Castanopsis argentea), Pasang (Quercus sp.), Damar (Agathis damara), Waru gunung (Hibiscus similis). Selain itu banyak pula jenis tumbuhan yang berasal dari luar daerah yang sengaja di tanam dan berfungsi sebagai laboratorium alam (Arboretum). 
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here

Fauna
Satwa liar yang ada dalam kawasan, antara lain : Musang (Paradoxunus hermaproditus), Bajing (Callosciurus notatus) dan beberapa jenis burung.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here

Location:



koordinat: -6.8562505,107.6283253
Sumber: 

Comments