Breaking News
recent

Taman Hutan Raya Cut Nyak Dhien (Pocut Meurah Intan); NAD

Unit Pelaksana Teknis
:
UPTD Kehutanan NAD
Propinsi
:
NAD
Kabupaten
:
Aceh Besar&Pidie
Luas (Hektar)
:
6.300,00
No. SK
:
MenKeh RI Nomor: 95/Kpts-II/2001
Tanggal SK
:
15 Maret 2001
KEADAAN FISIK KAWASAN
Pocut Meurah Intan terletak di gugusan kawasan hutan Seulawah Agam, berjarak 70 kilometer dari Kota Banda Aceh, di dominasi vegetasi hutan pegunungan dan Pinus Merkusi. Secara administratif berada di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Keadaan topografi Tahura Pocut Meurah Intan pada umumnya berbukit-bukit. Sebagian kecil dari areal tersebut merupakan dataran dengan status sebagai hutan negara bebas dengan ketinggian 0-40 meter diatas permukaan laut dan berada di kaki Gunung Seulawah Agam.
Menurut klasifikasi iklim Schmidt dan Ferguson, Tahura Pocut Meurah Intan termasuk dalam tipe iklim B dan C. Hasil pencatatan rata-rata curah hujan pertahun sebesar 67-101 hari. Curah hujan berkisar antara 1.750-2.000 mili meter pertahun. Temperatur udara rata-rata minimum 22°C dan maksimum 30°C. Kelembaban rata-rata 92,7 persen pertahun dan tekanan udara rata-rata 1.212,1 MB pertahun atau 1010,1 MB perbulan.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem:
Gunung: -
Danau: -
Sungai: -
Flora
Tahura Pocut Meurah Intan memiliki berbagai jenis flora yang didominasi oleh Pinus (Pinus mercusii) dan Akasia (Acasia auriculiformis) seluas 250 Ha, serta padang alang-alang yang luas 5.000 hektar atau 20 persen. Penyebaran jenis-jenis flora ini hampir merata di semua kawasan, mulai dari hutan pantai, hutan dataran rendah hingga hutan dataran tinggi. Di sekeliling Tahura dijumpai padang alang-alang yang diselingi dengan hutan-hutan muda.
Berikut rincian flora:
Endemik: -...?
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna
Berbagai jenis fauna terdapat di kawasan Tahura yang antara lain: Rusa (Cervus unicolor), Babi (Sus Scrofa), Landak (Hystrik brachyura), Kancil, Kera ekor panjang, Burung sri gunting, Burung sempala, Ayam hutan, dan Lutung. Di samping itu dijumpai juga jenis mamalia besar di antaranya Gajah (Elephas maximus).
Berikut rincian fauna:
Endemik==> -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here 

Location:


koordinat: 5.0355442,94.8165868
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.