Breaking News
recent

Suaka Margasatwa Cikepuh; Jawa Barat

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Jawa Barat
Propinsi
:
Jawa Barat
Kabupaten
:
Sukabumi
Luas (Hektar)
:
8.127
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 523/Kpts/Um/10/1973
Tanggal SK
:
20-10-1973
KEADAAN FISIK KAWASAN
Kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh Menurut administrasi pemerintahan termasuk dalam dua wilayah, yaitu : sebelah timur termasuk desa Gunung Batu, dan sebelah barat termasuk desa Cibenda, kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.
Keadaan topografi di Suaka Margasatwa Cikepuh sebagian besar berbukit-bukit dengan ketinggian berkisar antara 0-250 meter di atas permukaan laut.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:
Flora
Berdasarkan hasil laporan feasibility dari Institut Teknologi Bandung tahun 1975, vegetasi di kawasan ini dapat dibagi ke dalam bentuk formasi-formasi seperti Formasi Litoral, Formasi Pescaprea, Formasi Baringtonia, Formasi Hutan Pantai/Dataran Rendah, Formasi Alluvial, Formasi Padang Rumput (alam dan buatan), Formasi Hutan Tanaman.
Keadaan tipe vegetasi kawasan ini termasuk dalam tipe hutan hujan tropis dataran rendah yang terdiri dari berbagai formasi vegetasi. Dari formasi litoral dapat ditemukan berbagai macam ganggang laut seperti jenis Sargassum, Gelidium , Halimeda dan lain-lain. Formasi Pescaprae tumbuhannya terdiri dari jenis ipomoea pescaprate, Ishaemum muticum, Spinifex littoralis, Canavalia sp dan lain-lain. Formasi baringtonia tumbuhannya terdiri dari jenis Nyamplung (Calophyllum inophyllum), katapang (Terminalia catappa), Pandan (Pandanus tectorius), Pandan bidur, Cycas rumphii, Sophora tomentosa dan lain-lain.
Dari formasi hutan pantai/dataran rendah terdiri dari jenis pohon Kiara (Ficus sp), Laban (Vitex fubescens), Bungur (Langerstroemi sp), Kepuh (Sterculia foetida), Diosphyros sp dan lain-lain. Dari formasi daerah alluvial hanya ditumbuhi sejenis pal, yaitu Liguanan sp. Dan banyak dijumpai Awi Gereng (Bambusa spinosa). Dari formasi padang rumput terbagi dalam dua jenis, yaitu  padang rumput alam yang banayk ditumbuhi oleh jenis rumput Polonia ciliata, Aplenda mutica. Rottboella sp. Digitarua sp. Cyperus, dan padang rumput buatan banyak ditumbuhi jenis-jenis Lantana camara, Eupathorium odoratum, Triumfeta bartramia yang tumbuh secara liar karena padang rumput ini sudah tidak terurus lagi. Dari formasi hutan tanaman banyak di tumbuhi oleh pohon kelapa (Cocos nucifera) dan pohon kelapa sawit (Elaesis gynaensis) yang luasnya 180 Ha. Karena daerah ini merupakan bekas daerah perkebunan.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here

Fauna
Dari berbagai jenis satwa liar yang dilindungi di Cikepuh, terdapat Penyu hijau (Chelonia mydas) yang merupakan salah satu jenis satwa liar yang sudah langka, sehingga perlu adanya usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup satwa tersebut. Oleh sebab itu di Suaka Margasatwa ini telah dilaksanakan usaha-usaha pembinaan populasi penyu, yaitu di daerah Pantai Citireum.
Jenis-jenis satwa liar lainnya yang juga tidak kalah pentingnya untuk tetap dipertahankan kelestariannya adalah Banteng (Bos javanicus), Rusa (Cervus timorensis), Kancil (tragulus javanicus), Babi hutan (Sus vitatus), Owa (Hylobates moloch), Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Trachypitechus auratus), burung Kangkareng (Anthracoceros convenxus), burung Rangkong (Buceros rhinoceros), burung Udang (Alcendinidae sp), burung kuntul Karang (Egreta sacra), burung Bangau Putih Susu (Nycteria cinerea), burung Merak (Pavo muticus), burung Elang (Spilornis cheela bido), biawak (Varanus salvator) dan ular Beusi (Kenocropis cellator).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:
Bhre Polo

Bhre Polo

2 comments:

  1. Maaf, perlu di revisi Desa Cibenda bukan kecamatan Ciracap tetapi kecamatan Ciemas kalampos.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas bantuannya...akan segera kami perbaiki.

      Delete

Powered by Blogger.