Breaking News
recent

Cagar Alam Teluk Klowe; Bengkulu

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Sumatra Barat
Propinsi
:
Bengkulu
Kabupaten
:
Bengkulu Utara
Luas (Hektar)
:
7.271
No. SK
:
KepMenhut No.383/Kpts-II/1985 
Tanggal SK
:
27 Desember 1985
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara Administratif berada di Desa Kahyapu, Pulau Enggano, Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Berjarak sekitar 450 m dari bibir pantai Pelabuhan Kahyapu menuju kearah selatan.
Bentuk permukaan tanah di Pulau Enggano secara umum dapat dikatakan cukup datar hingga landai, dengan sedikit daerah yang agak curam. Pada bagian timur pulau lebih datar daripada bagian barat. Secara proporsional dapat dikatakan 63,39% dari pulau ini mempunyai kemiringan landai (0-8%), 27,95% agak miring (8-15%) dan sisanya daerah miring sampai terjal (15-40%). Berdasarkan klasifikasi tanah, kawasan daratan Pulau Enggano didominasi oleh jenis tanah kambisol, litosol, dan alluvial. Selain itu, tanah diPulau Enggano memiliki tekstur lempeng berliat.
Pulau Enggano beriklim tropis basah yang sangat dipengaruhi oleh laut. Curah hujan pada bulan kering masih di atas 100mm. Bulan kering biasanya terjadi pada bulan Juni dan Juli. Bulan basah kadang mencapai lebih dari 400mm per bulannya. Suhu udara rata-rata setiap harinya berkisar antara 27,8 °C dengan suhu terendah 23,2 °C dan tertinggi 34 °C. Kelembaban nisbi umumnya di atas 80% dengan variasi terendah 78% dan tertinggi 96%. Hal tersebut menunjukkan bahwa di Pulau Enggano kelembaban udara relatif tinggi sepanjang tahun. Angin dominan terbagi dalam dua musim, yaitu angin musim barat (terjadi pada Bulan September sampai Januari) dan angin musim tenggara (bulan april). 
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora;
Identifikasi sementara adalah: anggrek insitu dan anggrek bulan adalah salah satu endemik flora P. Enggano. Selain itu juga terdapat Merbau, Jambu Wood, Nehek, Abihu, Pakaron, Rengas, Ficus benjamina (Ficus sp.), Bakau, Kelapa.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -...? 
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Identifikasi sementara adalah: Kehicap Ranting (Hypothymis azurea), burung bethet enggano(Psittacula longicauda), selain itu, juga terdapat Warthog, Biawak, hutan tupai, kura-kura, buaya dan beberapa spesies burung: Parrots, Elang Laut, Imperial-merpati dan Pigeon
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -5.4426566,102.0859716
Sumber: 
Download: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.