Breaking News
recent

Cagar Alam Rawa Danau; Serang, Banten

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Serang
Propinsi
:
Banten
Kabupaten
:
Serang
Luas (Hektar)
:
2.500
No. SK
:
GB No. 50/1921 Staatsblad 689
Tanggal SK
:
16 November 1921
KEADAAN FISIK KAWASAN
Rawa Danau merupakan danau cagar alam yang terletak di Batukuwung, Padarincang, kota Serang, Provinsi Banten. Danau ini memiliki luas 2500 ha dengan luas lahan basahnya sebesar 1860 ha pada ketinggian 623 m dpl. Rawa Danau ini merupakan danau hutan gambut yang masih alami. Seluruh permukaan danau tersebut ditutupi oleh vegetasi yang mengapung. 15 buah sungai kecil yang menjadi inlet danau tersebut merupakan aliran dari air pegunungan dengan 1 buah outlet yang bernama sungai Cindana dengan aliran yang berbentuk air terjun dengan ketinggian 12 meter (Curug Betung). Rawa Danau ini memiliki kedalaman 1-5 meter. Vegetasi alami yang terdapat disana yaitu Eichornia crassipes (di permukaan danau). Vegetasi gambut pada umumnya dapat dijumpai pada bagian tenggara danau.
Iklim wilayah Banten sangat dipengaruhi oleh Angin Monson (Monson Trade) dan Gelombang La Nina atau El Nino. Saat musim penghujan (November - Maret ) cuaca didominasi oleh angin Barat (dari Sumatera, Samudra Hindia sebelah selatan India) yang bergabung dengan angin dari Asia yang melewati Laut Cina Selatan. Agustus), cuaca didominasi oleh angin Timur yang menyebabkan wilayah Banten mengalami kekeringan yang keras terutama di wilayah bagian pantai utara, terlebih lagi bila berlangsung El Nino.
Curah hujan tertinggi sebesar 2.712 – 3.670 mm pada musim penghujan bulan September – Mei mencakup 50% luas wilayah Kabupaten Pandeglang sebelah barat dan curah 335 – 453 mm pada bulan September – Mei mencakup 50% luas wilayah Kabupaten Serang sebelah Utara, seluruh luas wilayah Kota Cilegon, 50% luas wilayah Kabupaten Tangerang sebelah utara dan seluruh luas wilayah Kota Tangerang. Pada musim kemarau, curah hujan tertinggi sebesar 615 – 833 mm pada bulan April – Desember mencakup 50% luas wilayah Kabupaten Serang sebelah utara, seluruh luas wilayah Kota Cilegon, 50% luas wilayah Kabupaten Tangerang sebelah utara dan seluruh luas wilayah Kota Tangerang, sedangkan curah hujan terendah pada musim kemarau sebanyak 360 – 486 mm pada bulan Juni – September mencakup 50% luas wilayah Kabupaten Tangerang sebelah selatan dan 15% luas wilayah Kabupaten Serang sebelah Tenggara.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -

Flora; 
jajaway (Ficus retusa), Ficus Microcarpa, tanaman perdu (Ludwigia Adscendens), Alocasia Macrorrhiza, Alstonia Spatulata, Coix Lacryma-jobi Var Pallustris, Cyrtosperma Merkusii, Derris Danauensis, Elaeocarpus Littoralis, Glochidion Naogynum, Hydrocharis Dubia, Machaerina Rubiginosa, Mangifera Gedebe, Nepenthes Mirabilis, Stemonurus Scundiflora, Thoracostachyum Sumatrana, Trapa Quadrispinosa, Trapa Maximoviscii, Gluta Rengas, gagabusan (Alstonia spatulata), mareme (Glochidion lucididum), rengas (Gluta rengas), jenis rumput-rumputan (Gramineae sp.) dan kisireum (Eugenia spicata)
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here

Fauna;
Jenis burung: Bangau Tongtong (Leptoptilos jvanicus), Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis), Raja Udang Biru (Halcyon Chloris), Kuntul Putih (Ardeola sp.), Elang Ular (Spilomis cheela);
Jenis reptil: Ular Sanca (Phyton reticulatus), Biawak (Varanus salvator), Kura-kura (Tryonix certilangineus), Buaya, dan Kadal;
Jenis amphibi: Bufo melanostictus, Bufo biporcatus, Leptibrachium hasselti, Rana limnocharis, Rana cancrivora, Rana erythraea, dan Ooeidozyga sp
Jenis mamalia: Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Trachypitechus auratus), Bajing Tanah (Lariscus insignis), Soricidae, tupaiidae, Pteropodidae (Pteropus Vampirus), Megadermatidae, Rhinolophidae, Vespertillionidae, Cercopithecidae, Mustelidae, Viverridae, Herpestidae, Felidae, Cervidae, Suidae, Tragulidae, Manidae, Sciuridae, Muridae, Hystricidae, dan Cynocephalidae
Jenis ikan: kawasan Cagar Alam Rawa Danau kaya akan jenis dan jumlah ikan. Rasbora sp. adalah salah satu ikan endemik Jawa yang terdapat di Cagar Alam Rawa Danau ini.
Jenis binatang air berkulit keras: Macrobrachium Pilimanus, Kepiting, dan Yuyu Jenis molusca antara lain: Bellamya Javanica dan Gondang (Pila ampullaceae).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -6.1617617,105.91357
Sumber: 

Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.