Breaking News
recent

Cagar Alam Lembah Harau; Sumatera Barat

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Sumatra Barat
Propinsi
:
Sumatra Barat
Kabupaten
:
Lima Puluh Koto
Luas (Hektar)
:
270,5
No. SK
:
GB. No. 15
Tanggal SK
:
1 Oktober 1933
KEADAAN FISIK KAWASAN
Lembah Harau, secara administrasi terletak di Kabupaten Lima Puluh Koto, sekitar 15 km dari Kotamadya Payakumbuh, atau 47 km timur laut kota Bukittinggi, propinsi Sumatera barat .
Lembah Harau merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 m. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembahdengan ketinggian 80 m hingga 300 m.
Topografi Cagar Alam Lembah Harau berbukit-bukit dan bergelombang dengan ketingggian 500 sampai 850 meter dari permukaan laut (bukit-bukit tersebut antara lain bernama Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang).
Cagar Alam Lembah Harau sendiri, memiliki luas sekitar 270,5 hektare yang terdiri dari 3 kawasan, yakni kawasan Sarasah Aka Bara­yun, kawasan Sarasah Bunta dan ka­wasan Rimbo Piobang. Paling uniknya lagi, dikawasan yang dibatasi oleh perbukitan dengan tebing terjalnya itu, terdapat 5 air terjun yang mengalir dari ketinggian hingga 100 meter dari puncak bukit yang mengelilingi kawasan itu.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora; 
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -...?
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here

Fauna; 
Monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis), siamang (Hylobatessyndactylus) dan simpai (Presbytis melalopos). Fauna lain yang dilindungi di cagar alam ini juga termasuk harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis), beruang (Helarctos malayanus), tapir (Tapirus indicus), kambing hutan (Capriconis sumatrensis), dan landak (Proechidna bruijnii). Selain itu juga terdapat banyak sekali spesies burung, Sebanyak 19 spesies, termasuk burung kuau (Argusianus argus) dan enggang (Anthrococeros sp), yang menjadi penghuni suaka margasatwa Lembah Harau yang dilindungi undang-undang.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -0.099875,100.5492687
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.