Breaking News
recent

Cagar Alam Imogiri; Yogjakarta

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Yogjakarta
Propinsi
:
Yogjakarta
Kabupaten
:
Bantul
Luas (Hektar)
:
11,4
No. SK
:
SK Menhutbun Nomor 171/Kpts-II/2000
Tanggal SK
:
-
KEADAAN FISIK KAWASAN
Cagar Alam Imogiri merupakan salah satu kawasan suaka alam di Provinsi D.I.Yogyakarta yang ditunjuk berdasarkan SK Menhutbun Nomor 171/Kpts-II/2000 dengan luas 11,4 hektar. Terletak di antara dua desa, yaitu Desa Wukirsari dan Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Kawasan ini berfungsi sebagai kawasan konservasi. Merupakan daerah wisata sekaligus tempat yang memiliki nilai budaya yang hingga saat ini masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar khususnya dan masyarakat Yogyakarta pada umumnya. Sebagai pagar hidup oleh karena keberadaan makam raja-raja Mataram Islam, serta raja-raja dan kerabat keluarga dari Kraton Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta, maupun makam Seniman dan penduduk sekitar.
Kawasan ini merupakan daerah berbukit dengan ketinggian rata-sata 100 meter dpl, memiliki hawa yang sejuk oleh karena alam di sekitarnya banyak ditumbuhi pepohonan rindang, yang tidak terganggu oleh karena memiliki kesakralan yang dipatuhi oleh masyarakat. Sehingga bangunan sejarah yang dibangun oleh Sultan Agung pada tahun 1632 masehi sebagai raja Mataram Islam terbesar, bangunan bercorak Hindu tersebut masih terlihat baik.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora;
Jenis-jenis yang mendominasi kawasan cagar alam ini, antara lain seperti Tanaman Kayu Putih (Melaleuca leucadendron), Pinus (Pinus mercusii), Akasia (Acasia auri culiformis), Jati (Tectona grandis), dan Sono (Dalbergia latifolia). Selain itu terdapat pula pala, bambu 
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Sedangkan jenis-jenis satwa yang dapat dijumpai dalam kawasan cagar alam ini didominasi oleh jenis burung (Aves), antara lain seperti Sesap Madu (Antreptes malacensis), Elang Bido (Spilornis cheela), Raja Udang (Alcedo althis), Prenjak(Alcnedo atthis ), Sriti (Hirundo rustica guturalis), Perkutut(Gopelia srinata), Kutilang(Pycnonotus aurigaster), Ayam Hutan(Gallus sp), Kepodang(Oriolus cinensis), Puyuh(Turnix suscifator), Trotokan(Pygnonatus guaivier), Emprit(Lonchura maja), Burung Hantu, Derkuku(Streptopilia chinensis) serta burung-burung lain, satwa lain yang telah teridentifikasi adalah Kucing Hutan (Felis bengalensis), Streptopilia chinensis, Herpetes javanicus, Paradoxurus sp, Tupaia javanica, Ratus sp, Dryphis prasinus, Pytas coros, Phyton sp dan Ular Jati (Ptyas corros)
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat:-7.9200825,110.3675915
Sumber: 

Pdf:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.