Breaking News
recent

Cagar Alam Gunung Jagad; Jawa Barat

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Jawa Barat
Propinsi
:
Jawa Barat
Kabupaten
:
Sumedang
Luas (Hektar)
:
126.60
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 132/Kpts/Um/12/1954
Tanggal SK
:
6-12-1954
KEADAAN FISIK KAWASAN
Kawasan hutan Gunung Jagad di tetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 132/Kpts/Um/12/1954 tanggal 6-12-1954, seluas 126.60 Ha. Menurut administrasi pemerintahan terbagi dalam dua wilayah yaitu sebelah utara termasuk  Desa Cisampih, Kecamatan Cadas ngampar dan bagian selatan termasuk Desa Sukamanah Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang.
Topografinya bervariasi dari bergelombang sedang, berbukit, sampai bergunung-gunung dengan ketinggian tempat antara 454-742 meter di atas permukaan lait. Kawasan ini mempunyai tiga rangkaian pegunungan yaitu Gunung Jagad di sebelah barat, Gunung Paseur di bagian tengah dan Gunung Kencana di sebelah Timur.Berdasarkan klasifikasi iklim dari Schmidt dan Ferguson, kawasan ini mempunyai tipe iklim C dengan curah hujan rata-rata 2.439 mm per tahun di Cadas ngampar dan 3.175 mm di Wado.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora
Secara garis besar Cagar Alam ini mempunyai tipe vegetasi hutan hujan ropis dataran rendah. Jenis tumbuhan yang ada di kawasan, terbagi dalam dua kelompok yakni : Kelompok jenis berkayu seperti Teureup (Artocarpus elastica), Kiara (Ficus septica), Manglid (Mangnolia blumei), Burahol (Stelochocarpus burahol), Bungur (Langerstromia indica), Kesambi (Schleichera oleosa), Mindi (Melia azedarach). Sedangkan dari kelompok semak belukar adalah Harendong (Melastoma malabathricum) dan lain-lain. Jenis dari golongan liana dan epiphyt adalah : Kelebahe (Loqodium clociatum), Owar (Flagellaria indica), Areuy Gember (Vibraurea chololeuca), Anggrek Merpati (Phalaenopsis amabilis), Kadaka (Drynaria sp), Ketongkeng (Telosna cordata) dan lain-lain.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: - 
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna
Jenis-jenis satwa liar yang ada di Cagar Alam Gunung Jagad antara lain : Macan Kumbang (Panthera pardus), Kucing hutan (Felis Bengalensis), Kancil (Tragulus javanica), Jelarang (Ratufa bicolor), Kalong (Pteropus vampyrus), babi hutan (Sus vitatus), Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Tracypithecus auratus), Trenggiling (Manis javanica), Ayam Hutan (Gallus gallus), Elang Ruyuk (Spilornis cheela bido), Ular Sanca (Phyton sp), Ular Hijau (Trimeresurus albolabris) dan Biawak (Varanus salvator).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -6.9080341,108.0832954
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.