Cagar Alam Cabak I dan II; Jawa Tengah

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Jawa Tengah
Propinsi
:
Jawa Tengah
Kabupaten
:
Blora
Luas (Hektar)
:
30
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK.359/Menhut-II/2004
Tanggal SK
:
1 Oktober 2004
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara administrasi, CA Cabak I dan II terletak di wilayah Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Lokasinya tepat berada di tepi jalan raya antara Blora – Cepu. Berada di tengah-tengah hutan produksi milik Perhutani.
Kawasan ini telah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam sejak 1919 berdasarkan Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda No. 6 tanggal 21 Februari 1919, Lembaran Negara Hindia Belanda tahun 1919, No. 90. Status tersebut diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK.359/Menhut-II/2004 tanggal 1 Oktober 2004.
Luas Cagar Alam Cabak I / II, Blora sekitar 30 Ha. Cagar alam yang terdaftar sebagai Nature Reserve IUCN kategori III ini semula merupakan hutan Jati tua yang langsung bersambung dengan hutan primer. Sayangnya jati tua tersebut telah ditebang pada jaman Jepang. Jati yang ada saat ini merupakan hasil tanam ulang pada tahun 1951.
Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Fergusson, CA Cabak I/II termasuk tipe iklim C. Memiliki rata-rata curah hujan sekitar 2.300 mm/tahun dengan suhu udara berkisar 21 -36 C.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung: -
  • Danau: -
  • Sungai: Longrak
Flora;
Cagar Alam Cabak I/II, Kab. Blora, Jawa Tengah didominasi oleh tumbuhan Jati (Tectona grandis). Selain itu pun memiliki potensi flora lainnya semisal Mahoni (Swietenia mahagoni), Johar (Senna siamea), Jrakah (Ficus superba), Bendo (Artocarpus elasticus), Rotan, Kesambi (Schleichera oleosa), dan lain-lain.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here 
Fauna;
Beberapa hewan yang tercatat menghuni kawasan konservasi ini diantaranya seperti Ayam Hutan (Gallus varius), Landak (Hystrix sp.), dan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis). Juga berbagai jenis burung seperti Elang (Accipitridae) dan Kutilang (Pycnonotus aurigaster).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:



koordinat: -7.040956,111.4860893
Sumber:

Comments