Breaking News
recent

Marchantia polymorpha

Klasifikasi:
http://adf.ly/1ay8oY
Kingdom:
Division:
class:
Order:
Family:
Marchantiaceae
Genus:
Marchantia
L., 1753
Species:
M. polymorpha
Binomial:
Marchantia polymorpha
L.
Nama Lain:
common liverwort(en); umbrella liverwort(en)

Deskripsi:
Marchantia polymorpha adalah liverwort besar dengan distribusi yang luas di seluruh dunia. Lumut ini adalah variabel dalam penampilan dan memiliki beberapa subspesies. Lumut dioeciousjantan dan betina terpisah.
Lumut ini membentuk roset dari thallose yang diratakan dengan bercabang. thallose tersebut tumbuh hingga 10 cm panjang dengan lebar hingga 2 cm. Biasanya hal ini berwarna hijau, akan tetapi tanaman yang lebih tua dapat menjadi coklat atau keunguan. Permukaan atas memiliki pola tanda heksagonal, dengan bawah ditutupi oleh banyak rhizoids akar-seperti yang melampirkan tanaman untuk tanah. Tanaman menghasilkan payung-seperti struktur reproduksi yang dikenal sebagai gametophores.  
gametophores tanaman betina terdiri dari tangkai dengan sinar bintang, yang mengandung archegonia, organ yang menghasilkan ovum. gametophores jantan diatasnya pipih yang berisi antheridia yang memproduksi sperma.
 
Penyebaran:
lumut hati ini banyak ditemukan menempel di bebatuan, tanah, atau dinding tua yang lembab dan ditemukan diseluruh dunia.

Konservasi:
Aceh: Taman Wisata Alam (Laut) Pulau Weh

Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.