Breaking News
recent

Taman Nasional Danau Sentarum; Kalimantan Barat

Unit Pelaksana Teknis
:
Balai Taman Nasional Danau Sentarum
Propinsi
:
Kalimantan Barat
Kabupaten
:
Kapuas Hulu
Luas (Hektar)
:
132.000,00
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 34/Kpts-II/1999
Tanggal SK
:
4 Februari 1999
KEADAAN FISIK KAWASAN
Taman Nasional Danau Sentarum adalah taman nasional yang melindungi keanekaragaman hayati Danau Sentarum. Taman nasional ini terletak di Kalimantan Barat, Indonesia. Sekitar setengah taman ini terdiri dari danau.
Pada tahun 1999, Danau Sentarum ditetapkan sebagai taman nasional. Sebelumnya, Taman Nasional Danau Sentarum berstatus cagar alam (1981/1982) dan suaka margasatwa (sejak 1983).
Taman Nasional Danau Sentarum berada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Letaknya ± 700 km dari Pontianak. Secara administrasi kawasan ini meliputi 7 (tujuh) Kecamatan yaitu Kecamatan Batang Lupar, Badau, Embau, Bunut Hilir, Suhaid, Selimbau dan Semitau.
Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson SM Danau Sentarum termasuk ke dalam klasifikasi type A dengan curah hujan berkisar antara 4.000 mm sampai 4.727 mm/tahun. Kondisi suhu berkisar antara 22,90-31,05 C.
Letaknya yang berada di tengah-tengah jajaran pegunungan menjadikan kawasan ini sebagai daerah tangkapan air. Pada musim penghujan danau-danau di kawasan Danau Sentarum ini akan tergenang, akibat aliran air yang berasal dari bukit-bukit di sekitarnya dan dari luapan Sungai Kapuas yang masuk ke kawasan. Sekitar 9 -10 bulan dalam setahun kondisi kawasan yang sebagian besar merupakan dataran rendah berupa cekungan akan terendam dengan kedalaman antara 6 – 14 m. Sedangkan pada musim kemarau panjang sebagian besar danau kering, berupa alur sungai dan hanya danau permanen yang masih terisi air.
a. Hutan Rawa Kerdil (tinggi pohon 5-8 m, tiap tahunnya tergenang air selama 8-11 bulan)
b. Hutan Rawa Terhalang (tinggi pohon 10-15 m, setiap tahun selama 4-7 bulan tergenang setinggi 3-4 m sehingga hanya terlihat tajuknya).
c. Hutan Rawa Tergenang (tinggi pohon 5-8 m, didominasi pohon perdu dan pohon kerdil, tergenang air selama 4-10 bulan setinggi ± 5,5 m).
d. Hutan Tepian (didominasi pohon rengas, hutan ini tergenang selama 6 bulan dalam setahun).
e. Hutan Rawa Kawi (hutan terbuka, tinggi pohon 6-25 m).
f. Hutan Rawa Gambut (tinggi rata-rata pohonya sekitar 23 m, dengan pohon tertinggi bisa mencapai 50 m).
g. Hutan Dataran Rendah Perbukitan (berada di Bt. Semujan dan Bt. Menyukung, didominasi jenis-jenis family Dipterocarpaceae perbukitan rendah).
h. Hutan Kerangas (kerangas dalam bahasa iban berarti ‘‖lahan yang tidak dapat ditumbuhi padi‖, tumbuhannya biasanya agak kerdil dengan tinggi 20-26 m dengan diameter batang kecil menyerupai pohon pada tingkat tiang. Tipe hutan ini ditemui di Bt. Semujan dan Empaik.
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Taman Nasional Danau Sentarum memiliki tumbuhan khas dan asli yaitu tembesu/tengkawang (Shorea beccariana). dan yang paling mengagumkan di kawasan Danau Sentarum terdapat jenis tumbuhan yang sama dengan tumbuhan endemik yang ada di Amazon. Oleh masyarakat Danau tumbuhan tersebut dikenal dengan sebutan pohon Pungguk (Crateva religiosa).
Selain itu juga terdapat tumbuhan hutan dataran rendah seperti jelutung (Dyera costulata), ramin (Gonystylus bancanus), meranti (Shorea sp.), keruing (Dipterocarpus sp.), dan kayu ulin (Eusideroxylon zwageri), Dichilanthe borneensis, Menungau (Vatica menungau), Putat (Baringtonia acutangula), Kayu Tahun (Carallia bracteata), Renghas Merah (Gluta renghas), Kawi (Shorea balangeran), Ramin (Gonystylus bancanus), Ransa (Eugeissona ambigua), Mentagis (Ixora mentangis), Kebesi (Memecylon edule), Kenarin (Diospyros coriacea), Tembesu (Fagrareafagrans), Bintangur (Callophylum spp), Kapur (Dryobalanops abnormis), Terindak (Shorea seminis), Tengkawang Rambai (Shorea smithiana), pohon Kelansau, Emang, Melaban.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here 
Fauna;
Ikan; Ikan air tawar di Taman Nasional Danau Sentarum tercatat sebanyak 265 jenis. Mulai dari yang kecil sekitar 1 cm yaitu ikan Linut (Sundasalax cf. Microps) sampai ikan Tapah (Wallago leeri) yang dapat mencapai ukuran lebih dari 200 cm. Jenis ikan untuk konsumsi seperti ikan Toman, Lais, Belida, Jelawat dan Patin terdapat disini. Jenis ikan hias misalnya ikan Ulanguli (Botia macracantho) dan ikan Siluk Merah Super (Scleropages formosus).
Mamalia; Taman Nasional Danau Sentarum memiliki jenis mamalia langka atau menjelanh kepunahan seperti Bekantan (Nasalis larvatus), Kepuh (Presbytis melalaphos cruniger), Orangutan (Pongo pygmaeus), Ungko Tangan Hitam (Hyobates agilis), Kelampiau Kalimantan (Hylobates muelleri), Macan Dahan (Neofelis nebulosa) dan sebagainya (sekitar 23 jenis lainnya).
Burung; Di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum terdapat 310 jenis burung dan termasuk jenis burung Bangau Hutan Rawa (Ciconia stormi) yang tergolong langka, dan Beluk Ketupa (Ketupa ketupa), Bangau Tuntong (Leptoptilus javanicus) dan 8 jenis Rangkong (Bucerotidae) yang dilindungi secara Internasional. Jumlah jenis burung yang terdapat di kawasan ini juga dikategorikan kaya karena dari 1.519 jenis burung yang ada di Indonesia 20% diantaranya dapat ditemukan disini.
Reptil; Di Danau Sentarum terdapat 31 jenis dari kelompok hewan melata atau Reptilia (Reptil). Delapan jenis diantaranya merupakan jenis yang dilindungi seperti Buaya Muara (Crocodylus porosus), Buaya Seyulong (Tomistoma schlegelli), Labi-labi, Ular, Biawak dan lain-lain. Bahkan Buaya Katak atau Buaya Rabin (Crocodylus raninus) yang di Asia telah dinyatakan punah sejak 150 tahun yang lalu diperkirakan masih ditemukan di kawasan ini.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: 0.8835493,111.5589596
Sumber:

Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.