Breaking News
recent

Suaka Margasatwa Danau Tuakdale; Nusa Tenggara Timur

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Nusa Tenggara Timur
Propinsi
:
Nusa Tenggara Timur
Kabupaten
:
Kupang
Luas (Hektar)
:
500
No. SK
:
Surat SK Menteri Kehutanan RI Nomor: 195/Kpts-II/1993
Tanggal SK
:
27 Februari 1993
KEADAAN FISIK KAWASAN
Kawasan Suaka Margasatwa Danau Tuakdale terletak di daratan Pulau Timor. Secara administratif pemerintahan, kawasan ini berada di wilayah Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.
Suaka Margasatwa Danau Tuakdale merupakan kawasan hutan yang memiliki perwakilan tipe ekosistern hutan dataran rendah batuan kapur vulkanis dan ekosistem hutan mangrove yang mendominasi pada pinggiran danau air payau. Pada Kawasan Suaka Margasatwa terdapat 3 buah danau air payau yang merupakan habitat berbagai satwa burung air termasuk daerah tujuan burung migran.
POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Beberapa jenis pohon yang tumbuh di kawasan ini diantaranya adalah jati (Tectona grandis), lontar (Borrasusfiabelifer), ketapang (Tertminaliacatappa), gewang (Corypha gebanga), waru (Hibiscus sp), jambu hutan (Eugenia sp), kelapa (Cocos nucifera), kesambi (Schleichera oleosa), pandan (Pandanus tectorius), serta beberapa jenis rumput seperti Cynodon datylon, Andropogen timorensis, Digitaria decumbens, dan Centrosema pubescens. Sesuai dengan kondisi ekosistem mangrove yang mendominasi pada pinggiran danau tersebut maka jenis-jenis mangrove yang terdapat di kawasan tersebut antara lain : Rhizophora sp, Avicennia sp, Bruguiera sp, dan Sonneratia sp).
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Adapun jenis-jenis fauna yang terdapat di kawasan ini di antaranya.adalah ular sanca timor (Phyton timorensis), biawak timor (Varanus ti­morensis), bangau putih (Egretta sacra), ulung-ulung (Halia­retus leucogaster), perkici dada kuning (Trichoglosus haemotodus forsteni), burung camar (Sterna sp), burung puyuh (Turnix suscitater), dan alap-alap (Falco moluccensis), serta berbagai jenis satwa burung air migran yang menempati habitat danau Tuadale pada musim-musim tertentu. 
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -10.32569,123.4864646
Sumber:

Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.