Breaking News
recent

Pongo abelii

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/97/SUMATRAN_ORANGUTAN.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Subfamily:
Genus:
Species:
P. abelii
Binomial:
Pongo abelii
Lesson, 1827
Nama Lain; Orangutan Sumatera (Sumatran Orangutan)
Deskripsi;
Orangutan Sumatra (Pongo abelii) adalah spesies orangutan terlangka dari keluarga Hominidae. Primata ini hampir secara eksklusif arboreal, mereka ditemukan di hutan dataran rendah tropis primer, termasuk mangrove, hutan rawa, dan hutan riparian. Mereka hidup hampir sepenuhnya di pohon-pohon, membangun sarang di mana mereka tidur siang atau tidur untuk malam. Ketinggian yang disukai adalah 200-400 mdpl, daerah di mana pohon-pohon berbuah, akan tetapi orangutan Sumatera dapat ditemukan dari 1.000-1.500 mdpl.
Orangutan Betina dan Jantan Dewasa hampir tidak pernah bahkan sangat jarang turun ke tanah. Hal ini berbeda dengan orangutan Kalimantan(terutama Jantan dewasa) yang lebih sering turun ke tanah. Sementara kedua spesies bergantung pada hutan primer berkualitas tinggi, orangutan Borneo muncul lebih mampu mentolerir gangguan habitat. Dalam kepadatan Sumatera menurun hingga 60% bahkan dengan tebang pilih (lihat Rao dan van Schaik 1997). 
Dibandingkan Orangutan Kalimantan, orangutan Sumatra lebih menyukai pakan buah-buahan, terutama juga serangga. Buah yang disukai termasuk buah beringin dan nangka. Mereka juga makan telur burung dan vertebrata kecil.
Ciri-ciri yang terlihat dari orangutan Sumatera adalah tinggi Jantan tumbuh sekitar 1,4 m (4,6 ft) dan berat mencapai 90 kg. Betina lebih kecil, rata-rata 90 cm (3,0 ft) dan berat sampai 45 kg (99 lb). Dibandingkan dengan spesies Kalimantan, orangutan Sumatera lebih kecil dan memiliki wajah lama; rambut lebih panjang dengan warna merah pucat.
Penyebaran di Indonesia;
Orangutan Sumatra endemik dari pulau Sumatra dan hidupnya terbatas di bagian utara. Di alam, orangutan Sumatra bertahan di provinsi Aceh (NAD), ujung paling utara Sumatra. Ada populasi kecil di provinsi Sumatera Utara sepanjang perbatasan dengan NAD, terutama di hutan-hutan danau Toba. Survei di danau Toba hanya menemukan dua areal habitat, Bukit Lawang dan Taman Nasional Gunung Leuser.
Sumber;
<<< back Fauna   

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.